Kamis, 20 Mei 2010

Metode Memaksa

Gak enak yah kalau kita dipaksa atau merasa terpaksa melakukan sesuatu walaupun melakukan sesuatu yang baik. Metode memaksa ini saya lakukan pada perpustakaan tempat saya bekerja, yah terkadang mahasiswa hahrus dipaksa untuk datang ke perpustakaan. Metode ini memang belum dapat dibuktikan efektif melalui sebuah penelitian.

Metode memaksa ini dilakukan dengan cara pendekatan melalui Dosen Agama Islam, jadi setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah agama dianjurkan untuk datang ke perpustakaan untuk mencari sumber yang digunakan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Agama Islam dan memang di perpustakaan tempat saya bekerja disediakan koleksi buku yang dibutuhkan mahasiswa untuk mengerjakan tugas mata kuliah tersebut. Bahkan ada dosen yang mengharuskan daftar pustaka harus mencantumkan sumber koleksi yang ada di perpustakaan tersebut.

Mengapa harus melakukan ini? Karena tidak banyak yang tahu keberadaan perpustakaan ini, karena perpustakaan ini berada di dalam mesjid dan berisi sebagian besar koleksi ilmu keislaman.

Efektifkah? Cukup efektif menurut saya, karena yang tadinya kunjungan per hari hanya mencapai 2-5 orang sekarang sudah mencapai 10-30 orang per hari. Di samping itu memang perlu perbaikan fasilitas dan koleksi buku, misalkan di perpustakaan saya ditambah 1 unit PC untuk akses internet dan disediakan hotspot untuk memudahkan mahasiswa yang membawa laptop.

Selamat mencoba :))

3 komentar:

  1. iya klo dipaksa ga enak..
    :(
    mendingan karena mau sendiri aja.

    BalasHapus
  2. tapi menurut saya yang di paksa lebih enak dech...
    hehehe....

    BalasHapus
  3. wah ea yah memkasa kan dosa BU....

    BalasHapus