Rabu, 16 Desember 2009

Perpustakaan Angan-angan :)

Mungkin ga yah... di Indonesia ada Public Library khusus anak-anak... Sebenarnya ide ini keluar setelah saya mengikuti Seminar ' Libraries Before and After Reunification' di FEUI, seminar ini disampaikan oleh para pembicara dari Jerman. Begitu takjubnya saya melihat betapa megahnya sebuah bangunan perpustakaan di Jerman (sayang gambarnya ga bs saya dokumentasikan).

Perpustakaan Umum khusus untuk anak-anak saya rasa sangat diperlukan untuk menambah ilmu pengetahuan anak dan mengembangkan minat baca anak dan juga sebagai tempat alternatif rekreasi keluarga. Mengapa dibuat gedung khusus? karena pembaca anak-anak masih ingin membaca tapi sambil bermain, jadi tidak mungkin disatukan oleh pembaca yang sudah dewasa. Angan-angan saya sih di dalam perpustakaan khusus anak ini juga ada tempat bermain untuk anak, jadi kalau sudah bosan membaca anak-anak bisa bermain, kemudian ada koleksi buku parenting untuk orang tuanya juga. Jadi orang tua juga bisa membaca buku bersama anaknya.

Perpustakaan ini juga harus memberikan fasilitas untuk para anak penyandang cacat, kemudian ada juga ruangan internet gratis, bisa juga ada ruangan pemutaran film anak, jadi bisa dibuat hari khhusus pemutaran sebuah film anak. Pokoknya satu gedung yang berisi seluruh fasilitas untuk anak.
Dan diadakan kunjungan rutin oleh sekolah-sekolah... Mudah2an bisa ada perpustakaan khusus anak walaupun fasilitasnya tidak sesuai angan-angan saya ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar